Optimasi Blog Setelah Lama Tidak Diurus

Optimasi Blog Setelah Lama Tidak Diurus - Selamat datang di Anas Blogging Tips para sobat Blogger Indonesia. Kali ini saya akan membuat artikel yang direquest oleh teman blogger seperjuangan saya, yakni gan Aryoko. Mungkin banyak blogger yang mempunyai banyak urusan atau mendadak jadi sibuk dan terpaksa meninggalkan blog nya begitu saja sampai lama sekali tidak diupdate serta tentu visitorpun akan menurun drastis. Jika sobat adalah salah satu nya yang menghadapi masalah ini maka pada artikel kali ini saya akan memberikan solusi nya Bagaimana Mengoptimasi Blog Yang Sudah Lama Tidak Diurus.

Optimasi Blog Setelah Lama Tidak Diurus by Anas Blogging Tips
Seorang blogger pasti setidaknya mempunyai 1 blog utama yang sangat diprioritaskan dan sangat diperhatikan seperti Anas Blogging Tips ini sebagai blog utama milik saya. Jika seandainya pemilik blog terpaksa meninggalkan semua blog nya termasuk blog utama tersebut maka tentu saja jika memakan waktu yang cukup panjang perlahan visitor mulai menurun dan index Google mulai menghilang. Kebanyakan dari mereka yang menghadapi masalah ini tidak bisa berbuat apa apa dan bingung harus bagaimana.

Sebenarnya jika diteliti secara seksama dan dipikirkan dengan kepala dingin pasti ada solusinya karena tidak ada penyakit yang tidak ada obatnya, bukan? Baiklah berikut saya paparkan beberapa solusi Optimasi untuk Blog sobat yang sudah lama tidak diurus atau yang visitor nya mulai menurun.

Cari Tau Sumber Visitor Blog

Sobat adalah pemilik blog sobat sendiri sekaligus admin nya, ini berarti sobat mengontrol semua aktifitas di blog sobat tentunya. Sobat juga pasti tau darimana saja visitor sobat berasal. Biasanya tergantung dari niche blog sobat. Jika nich berita kebanyakan dari media sosial seperti Facebook dan jika niche tips n trick atau tutorial dan semacamnya akan lebih banyak visitor organik dari Search Engine.
Baca juga : Cara Auto Share Artikel Ke Sosial Media
Dengan mengetahui dengan betul sumber visitor blog sobat, maka sobat akan dengan mudah membuat konten berdasarkan sumber visitor blog sobat itu. Karena konten yang disajikan khusus untuk visitor yang datang dari media sosial tidak akan bisa mendapatkan visitor dari Search Engine, begitupun sebalik nya.

Sajikan Konten Fresh Terlebih Dahulu


Langkah selanjutnya yang harus sobat ambil setelah lama meninggalkan blog sobat adalah membuat konten baru yang berkualitas dan fresh. Buat konten ini terlihat lebih spesial dari konten-konten yang lain nya karena dengan adanya konten fresh ini akan mempermudah proses sobat menarik kembali visitor kembali. Dalam konten ini sobat juga harus pintar-pintar memilih judul yang tepat apa ditujukan untuk visitor sobat.

Karena sobat sudah tahu darimana sumber visitor sobat maka saya rasa sobat juga bisa dengan mudah menyesuaikan isi konten nya.

Promosikan Konten Terbaru Sobat

Setelah membuat konten artikel yang spesial ini dan sudah melakukan langkah-langkah setelah menulis artikel, maka selanjutnya sobat harus bisa memaksa orang-orang melihat isi konten sobat dan datang ke blog sobat dengan cara promosi. Promosi kali ini juga harus berbeda dengan promosi biasa, sobat harus memainkan kata-kata yang persuasif dan media yang dipakai untuk promosi juga harus sobat tingkatkan. Di Facebook, promosikan ke grup-grup yang berhubungan dengan niche blog sobat, lalu di fanspage sobat, lalu sobat bisa meneruskan nya di media media lain nya yang populer.
Baca juga : Teknik Dan Tips Promosi Blog Untuk Mendapatkan Traffic Secara Instan

Lakukan Link Building Extra

Sambil menunggu visitor datang dari hasil promosi sobat yang spesial ini, selanjutnya dengan mengandalkan konten spesial dan beda dari yang lain tadi, sobat harus melakukan link building atau biasa dikenal dengan menanam backlink. Sekarang sobat harus sedikit bekerja dengan extra. Kumpulkan atau cari list backlink berkualitas terupdate sebanyak-banyak nya dengan mencari menggunakan keyword-keyword berikut

- List Backlink Edu 2016
- List Backlink Gov 2016
- List Backlink PR 5-9 2016
Situs High PR Dofollow Untuk Backlink 2016

Nah pastikan backlink yang sobat dapatkan itu adalah backlink yang terupdate. Setelah memiliki list backlink nya, silahkan sobat buat kalimat untuk berkomentar disitus-situs backlink nya. Gunakan bahasa inggris, lalu puji artikel dalam situs tersebut baru diakhir kalimat berikan sentuhan persuasif yang bisa membujuk visitor datang ke artikel spesial yang ada di blog sobat tadi.
Baca juga : Cara Membuat Anchor Text SEO Yang Benar
Link building ini harus sobat lakukan dengan rutin misalnya 1 hari 1X dengan 10 backlink, sesuaikan saja dengan jadwal keseharian sobat

Update Rutin

Sambil tetap melakukan link building dengan artikel spesial tadi, sobat buat lagi artikel-artikel berkualitas dan fresh untuk pengunjung blog sobat sehingga visitor yang datang pun akan menganggap bahwa blog sobat tetap fresh dan mereka tidak sia-sia untuk mengunjungi blog sobat. Lihat juga statistik visitor blog sobat selama ini, apakah berkembang dengan pesat atau perlahan-lahan. Buat jadwal update artikel yang surin dan sesuaikan saja dengan kondisi sobat, tapi pastikan agar tetap rutin sehingga sobat tidak kehilangan visitor lagi.

Optimasi Seperti Biasa

Setelah mengupdate artikel-artikel dan konten blog sobat dengan rutin dan setelah sobat berhasil mendapatkan banyak visitor dari artikel khusus dulu, maka saatnya sobat kembali melakukan apa yang harus sobat lakukan. Pada langkah terakhir ini silahkan lakukan optimasi-optimasi standar seperti biasa dan tetap update blog sobat secara rutin.
Baca juga : Teknik Optimasi SEO OnPage & Teknik Optimasi SEO OffPage
Nah itulah beberapa tahap Optimasi Khusus untuk Blog yang sudah lama tidak sobat urus. Mungkin saja ada yang berhasil dan tidak berhasil karena sebenarnya setiap blog itu berbeda dan cara optimasi nya juga berbeda. Saya hanya memberi tahu sesuai kemampuan saya. Semoga setelah membaca dan mempraktekan tips tutorial dari Anas Blogging Tips blog sobat menjadi lebih ramai dan populer lagi.
Dan silahkan follow Anas Blogging Tips untuk terus mengetahui Panduan, Trik, Dan Tips Lengkap Lain nya Tentang Blogging serta nantikan artikel berikutnya ya.

Terima kasih sobat telah membaca artikel "Optimasi Blog Setelah Lama Tidak Diurus". Sobat tidak diperbolehkan untuk menyalin (copy-paste) segala dan keseluruhan konten 
Anas Blogging Tips

0 Response to "Optimasi Blog Setelah Lama Tidak Diurus"

Post a Comment